Rabu, 06 Mei 2015

Pengantar

Tidak ada komentar:
Alhamdulillah atas berkat dan karunia Allah swt, webblog ini kami launching. Webblog ini kami buat sebagai sarana publikasi kajian pergerakan rutin yang kami adakan bersama teman-teman aktivis pergerakan kampus.

Semenjak runtuhnya ke-khilafahan islam sekitar tahun 1920-an, muncullah cendekiawan-cendekiawan muslim yang menjadi mujadid terhadap kondisi kejumudan pemahaman umat islam terhadap agama. Munculnya Syeikh Muhammad Abduh, Syeikh Rasyid Ridho yang merupakan murid syeikh Muhammad Abduhm Syeikh Muhammad bin Abdul Wahab di Arab Saudi, Jamaluddin Al-Afghani dengan gerakan pan-islamisme , Abul A'la Al-Maududi dengan jama'ah islamiyah-nya di pakistan, dan pemikir-pemikir lainnya. Disaat-saat itulah muncul organisasi pergerakan Ikhwanul Muslimin sekitar tahun 1928. Gerakan ini diprakarsai oleh Syeikh Hasan Al-Banna dan menjadi gerakan terbesar dan fenomenal abad ini. Risalah gerakan inilah yang menjadi bahan kajian kami.

Pada kajian tematik ini, kami akan membahas risalah Syeikh Hasan Al-Banna (Ikhwanul Muslimin) mulai dari risalah yang pertama sampai risalah yang terakhir. Insya Allah akan kami sertakan file audio dan akan menjadi dokumentasi original dari kajian ini. Muwajjih (pemateri) kajian kami adalah Ust. Jumadil Muhammad. Risalah yang pertama menjadi tema kajian ini adalah Risalah dengan Judul "Ila Ayyu Syaiin Nad'u Annas" (Kepada Apa Kita Menyeru) yang terbit sekitar bulan mei.

Mudah-mudahan Allah meneguhkan mujahadah kami dan memudahkan pemahaman kami terhadap Islam.


Aamiiin....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
back to top